NEXT EVENT : Mau Jadi Profesional Coach?. Special Program Certified Life and Wellness Coaching, 26-28 Juli 2019. Registrasi : 0813 1680 2189 / 0811 8997 007.

Riding the wave 2019

Posted by Asia Coach 01/01/2019 0 Comment(s)

Apakah anda seorang pebisnis ?

Ataukah anda adalah seorang profesional yang sedang menjalankan sebuah bisnis ?

Setidaknya ada 5 perubahan besar yang sedang terjadi di era ini. Yaitu yang awalnya segala sesuatu serba fisik saat ini lebih virtual, dari terpusat menjadi terdistribusi, dari segmented menjadi connected, dari individual menjadi komunal, dari time-constraint menjadi timeless.

Mengapa hal ini terjadi ? Setidaknya 3 perkembangan secara exponensial inilah yang sangat mempengaruhi perubahan ini. Yaitu Big Data, Internet Of Thing dan Artificial Intelligence. Hmmm seru bukan .   

Mungkin 7 tips sederhana ini bisa menjadi acuan dalam mengarungi gelombang ekonomi di tahun 2019. 

  1. Digital Ekonomi.

Saat ini sedang terjadirevolusi atau perubahan yang sangat cepat dalam gaya hidup manusia sebagai akibat dari perkembangan dunia digital. Menariknya perubahan ini bukan hanyamembawa manusia berpikir logis, tetapi juga lebih humanis. Makanya Leisure Economi menjadi tumbuh subur khususnya dinegeri ini. Ditandai dengan maraknya kegiatan wisata, ramainya resto dan cafe, full nya jadwal penerbangan, naiknya hunian hotel, hingga padatnya jadwal reunian di tempat instagramable.

 

Melihat fenomena diatas pastikan bahwa sebagaian proses didalam bisnis kita sudah menggunakan digital termasuk penggunaan big data. Apakah itu di bagian marketing, sales, operasional, hingga supporting.Tujuanya adalah lebih bisa memberikan Experience kepada customer kita sehingga value dari sebuah produk atau jasa kita lebih bisa dinikmati oleh customer. Dan tentu saja bisnis kita bisa masuk dalam ranah bisnis yang masih “kekinian”, istilah anak jaman Now.

 

  1. Real Entrepreneur VS Trader. 

Ditengah terjadinya perubahan gaya hidup yang sangat cepat ini, mental sebagai seorang Real Entrepreneur sangatlah dibutuhkan, dibandingkan dengan mental seorang Trader. Lalu apa yang membedakan keduanya ? ini tanda-tandanya :

  • Seorang Real Entrepreneur mempunyai Visi yang jauh kedepan terhadap bisnisnya dan memberikan  dampak / manfaat yang akan dinikmati oleh seluruh stake holder dalam bisnisnya. Yaitu Business Owner, Team dan Customer
  • Brand Identity. Apapun bisnis kita pastikan mempunyai sebuah brand yang selalu kita bangun. Apakah itu sebagai Product Brand, Company Brand, ataupun Store Brand.
  • Product Development. Apakah produk anda dalam bentuk barang ataupun jasa harus selalu melakukan product development, dikarenakan gaya hidup customer sedang cepat terjadi perubahan. Sehingga tujuan utama dari product development adalah produk yang kita hasilkan betul-betul yang dibutuhkan oleh customer saat ini. Sehingga, lagi-lagi, produk bisnis kita masih dianggap sebagai produk yang “kekinian”.

 

  1. Milenial Challange.

Kita harus bersyukur, karena negara Indonesia sedang berproses untuk mendapatkan bonus demografi. Apa ini artinya ? bahwa dimasa mendatang angkatan produktif di Indonesia jauh lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak produktif. Sehingga buying power atau daya beli masyarakat Indonesia seharusnya semakin naik. Hal ini banyak terwakili oleh kaum milenial, yang saat ini sudah berjumlah hampir 35%, dan akan meningkat terus dimasa mendatang.

 

Untuk itu market produk untuk kaum milenial ini semakin lama marketnya semakin membesar. Dan barang siapa yang bisa mengambil kesempatan dan persiapan ini, akan menuai market yang besar dimasa yang akan datang. Dengan kata lain saya pribadi lebih suka dengan menyebut “membeli masa depan, dengan harga sekarang”. Ini berlaku untuk mereka-mereka yang berani mengambil kesempatan dan melakukan persiapn untuk menggarap pasar milenial hari ini dan hari depan.

 

  1. Setup Goal dan Review.

Setiap tahun kita selalu membuat Goal apa yang ingin kita capai di tahun ini. Hal ini adalah sebuah kebiasaan yang baik agar kita mempunyai arah dan petunjuk kemana bisnis kita melaju. Menariknya, biasanya kita akan mereview goal kita setelah setahun berjalan. Nah saat ini hal tersebut menjadi kurang relevan lagi kalau goal direview setelah satu tahun. Pada jaman ini goal tahunan kita harus direview setidaknya setelah 6 bulan bahkan 3 bulan. Mengapa ? Karena perkambangan gaya hidup customer saat ini berkembang sangat cepat. Review kita lakukan agar kita tahu apakah goal yang kita sudah set masih relevan. Jangan-jangan karena perubahan yang sangat cepat saat ini membuat kita terlambat mengantisipasi perubahan yang terjadi diluar sana.

 

  1. Customer Service (Satisfaction) -> Customer Experience (Loyalty).

Era customer service yang tujuan akhirnya adalah memberikan kepuasan pelanggan sekarang bergeser menuju era Customer Experience yang tujuan akhirnya adalah membuat pelanggan menjadi loyal. Dengan mempunyai pelanggan yang loyal maka produk kita akan tetap dibeli, bahkan lebih banyak, ataupun bahkan lebih sering.

Pertanyaanya adalah kapan kita bisa memberikan Experience kepada pelanggan kita sehingga pelanggan dapat menemukan MOT (Moment Of Truth) dari produk kita. MOT bisa terjadi pada saat pre sales, on sales, maupun after sales.

 

  1. Re-Alignment Vision and Team

Dengan sedang terjadinya perubahan yang sangat luar biasa cepat, apakah visi yang selama ini kita sudah bangun masih relevan dengan kondisi saat ini ? Jawaban nya Iya ataupun Tidak, tetap saja kita harus pastikan melakukan Alignment antara Visi dan Team kita. Apakah team yang kita miliki saat ini masih valid untuk mendukung tercapainya Visi kita dimasa mendatang.

 

  1. WWW and EBI.

WWW adalah What Works Well, buatlah list hal-hal apa saja yang sudah berjalan baik selama ini dan hal ini akan kita lakukan lagi dimasa mendatang.

EBI adalah Even Better If, buatlah list hal-hal apa saja yang kita bisa lakukan lebih baik lagi dimasa mendatang.

Bayangkan apabila kita memiliki banyak list gabungan dari keduanya, dan bayangkan lagi, apabila kita bisa mengambil hanya 5 saja list terbaik dari keduanya. Tentunya kita akan memiliki 5 action yang bisa kita jadikan taktik, bahkan strategi,untuk mengarungi gelombang ekonomi di tahun 2019.

 

Sambil menunggu project kemandirian ekonomi yang sedang saya kerjakan, semoga 7 tips sederhana ini bisa mencerahkan. Untuk bisa mengarungi ombak di tahun 2019 dengan Optimis dan Gemilang, Aamiin.

Terima kasih.

Salam kemakmuran.